Apa itu A record pada domain

You are here:

A record adalah field yang menunjukkan alamat Ipv4. Nama owner akan ekuivalen dengan IP address yang didefinisikan setelah record A.
Agar mudah kita mengerti A record untuk pointing atau tujuan. A record biasanya dipadukan dengan domain contohnya seperti  ns1.klikserver.com, domain ini di dalamnya merekam IP yang sudah kita pasang pada menu A record misal:


ns1.klikserver.com > 103.52.144.1
ns2.klikserver.com > 103.52.145.1


Semua domain dan IP yang sudah di record seperti contoh tadi akan merujuk ke alamat IP masing – masing. Itu mengapa Name Sever menggunakan subdomain seperti ini:


ns1.klikserver.com 
ns2.klikserver.com

Cara seperti ini juga bisa diartikan memudahkan sistem bekerja termasuk admin server kenapa begitu? Karena jika menemukan kendala pada server atau sejenisnya yang memerlukan A record maka akan lebih mudah tanpa harus banyak configurasi ulang, menghemat waktu yang jelas.
Berapa lama saat kita membuat A record agar IP menjadi Hostname, biasanya waktu yang kita tunggu tidak terlalu lama 10 – 20 menit waktu ini untuk A record yang baru. Tapi bagaimana kalo hanya mengganti IP apa akan sama waktunya? Tidak ini sedikit membutuhkan waktu karena perpindahan ini harus dikenali public tentunya.

Gunanya A record lebih spesific ke hostname adalah agar lebih mudah diingat, seperti halnya dengan nomor hp, kadang kala sulit untuk kita mengingat angka walaupun ingat akan terasa rumit untuk menyebutkannya. Jika kita memanfaatkan hostname ini akan lebih mudah untuk berbagai keperluan.

Semoga penjelasan artikel berikut bermanfaat.

By |2018-12-13T20:32:59+00:00December 13th, 2018|Domain|Comments Off on Apa itu A record pada domain

About the Author:

WhatsApp WhatsApp us